Perancangan Buku Esai Foto dengan Judul ‘Jakarta dalam Seratus Kata’

Skripsi / Tugas Akhir Desain Komunikasi Visual
Penulis: John Felix
Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Teknik
Universitas Bina Nusantara

Ringkasan

Seiring dengan semakin berkembangnya suatu daerah, maka semakin bertambah pula penduduk di daerah tersebut. Seiring dengan berjalannya waktu, daerah itu akan berubah menjadi suatu pusat dari populasi dalam jumlah besar yang ditata menjadi suatu bentuk komunitas, atau yang kita kenal sebagai sebuah kota.

Sejalan dengan bertambahnya populasi, sebuah kota akan mengalami masalah dengan lingkungan hidup dan tingkat kenyamanan. Masalah ini akan membuat penduduk yang berdomisili di kota tersebut menderita dan tertekan dengan kehidupan dan rutinitas mereka sehari-hari. Masalah inilah yang sedang dihadapi oleh Kota Jakarta saat ini.

Jakarta sebagai Ibu Kota seharusnya menjadi kota yang nyaman untuk ditinggali, tetapi pada kenyataannya, kota Jakarta adalah kota yang jauh dari suasana nyaman. Jumlah populasi yang berlebihan membuat Jakarta menjadi sesak. Taman atau jalur hijau yang sangat sedikit membuat Jakarta menjadi terlihat gersang. Polusi dari kendaraan bermotor, dan limbah industri setiap hari mengotori lingkungan Jakarta. Kemudian ditambah dengan penataan kota yang berantakan dan tidak terencana membuat kota ini jadi makin tidak nyaman dan sering kebanjiran.

Jika Anda bertanya kepada penduduk Jakarta tentang pendapat mereka atau apa yang pertama kali terlintas dalam benak mereka tentang kota Jakarta, maka hampir dapat dipastikan bahwa jawaban yang akan mereka berikan adalah jawaban-jawaban yang negatif seperti kemacetan, banjir, demonstrasi, kota yang penuh debu, kota yang tidak aman, dan sebagainya. Hal ini sangat disayangkan karena sebetuinya kota Jakarta juga memiliki sesuatu yang baik, sesuatu yang dapat dibanggakan penduduknya, sesuatu yang mereka alami atau rasakan hampir setiap hari tetapi tidak mereka sadari karena padatnya jadwal mereka dan cepatnya laju kehidupan di Jakarta.

Untuk mengingatkan mereka akan hal ini maka sebuah desain buku esai foto yang menarik dan tidak melelahkan untuk dibaca, diperlukan. Buku yang akan mencoba memberikan pandangan tentang kota Jakarta dari sisi yang berbeda. Sisi yang mungkin terlupakan oleh masyarakat Jakarta sendiri karena begitu banyak kesibukan dan masalah sehari-hari yang mereka hadapi.

TUJUAN PENELITIAN, ialah memvisualisasikan keadaan Jakarta melalui fotografi dan merangkum semua ke dalam sebuah buku esai foto.
METODE PENELITIAN, ialah mencari data yang berkaitan dengan tujuan penelitian buku esai foto ini, antara lain dengan mengadakan tanya jawab dengan beberapa narasumber, pencarian data melalui fasilitas internet, buku-buku referensi, maupun media cetak lainrrya.
HASIL YANG INGIN DICAPAI, ialah mendapatkan data yang berkaitan dengan metode penelitian yang akurat.
KESIMPULAN, buku esai foto ini adalah buku yang mengangkat tema kota Jakarta, yang digambarkan dalam seratus kata, kemudian divisualisasikan melalui media fotografi. Hal ini diharapkan bisa membuat pembaca mengerti dan pandangan mereka mengenai citra kota Jakarta kembali menjadi lebih baik.

Referensi

Anania, 2000. Encarta Ecyclopedia 2000. Microsoft
Siebert, L., & Ballard, 1992. Making a Good Layout. North Light Books. Ohio
Santoso, Sigh, 2002, Advertising Guide Book
Sihombing, MFA, Danton, 2001, Tipografi dalam Desain Grafis.