Perancangan Strategi Kreatif Re-branding Griyo Kulo Desa Nglebak - Tawangmangu

Tugas Akhir / Skripsi Desain Komunikasi Visual
Penulis: Monica Larasati
Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Sastra dan Seni Rupa
Universitas Sebelas Maret
Surakarta
2010

Abstraksi

Karya tugas akhir yang berjudul Perancangan Strategi Kreatif Re-branding Griyo Kulo Desa Nglebak - Tawangmangu mengkaji permasalahan bagaimana merancang strategi kreatif re-branding Griyo Kulo serta media yang diperlukan untuk mendukung kegiatan re-branding tersebut. Griyo Kulo berlokasi di lereng gunung Lawu kab. Karanganyar dan Griyo Kulo selama ini belum banyak diketahui oleh masyarakat di pulau Jawa sendiri, terutama masyarakat kota besar di luar Solo. Hal ini disebabkan oleh lemahnya visual branding Griyo Kulo. Citra Griyo Kulo di benak masyarakat juga tidak sebaik dulu karena kondisi lokasi yang tidak terawat dan semakin kompetitifnya persaingan pasar mengakibatkan menurunnya loyalitas konsumen. Oleh sebab itu diperlukan adanya suatu perancangan strategi kreatif sebagai salah satu upaya untuk memperkenalkan identitas visual yang baru dari Griyo Kulo sehingga Griyo Kulo dapat dibedakan dengan para pesaingnya. Perancangan strategi kreatif re-branding Griyo Kulo dilakukan dengan cara menguatkan citra tradisional, etnik namun tetap sederhana. Pada tahap ini dapat diciptakan sebuah nilai tambah dari suatu produk, baik berupa citra dan makna simbolis maupun keunggulan fungsional. Perancangan identitas
visual, perancangan logo baru, perancangan signage, serta media komunikasi visual diharapkan akan berjalan efektif sehingga mampu meningkatkan loyalitas konsumen.


Daftar Pustaka

Tim Penyusun. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Kedua. Jakarta : Balai Pustaka.
Surachman S. A. 2008. Dasar-dasar Manajemen Merek. Malang: Bayu Media Publishing.
Shimp, Terence A. 2001. Periklanan Promosi Jilid I Edisi kelima (Edisi terjemahan oleh : Revyani Sjahrial dan Dyah Anik Sari). Jakarta: Erlangga.
Rhenald Kasali. 1995. Manajemen Periklanan. Jakarta : Pustaka Utama Grafiti.
Nyoman S. Pendit. 2006. Ilmu Pariwisata. Jakarta: Pradnya Paramita.
Marsum WA. 1999. Restoran & Segala Permasalahannya. Yogyakarta : Andi.
Manfaat Pelatihan Alam Terbuka. http://outboundmalang.com/2009/12/manfaat-pelatihan-alam-terbuka/. 18 Januari 2010. 15:03.
M. Suyanto. 2006. Strategi Perancangan Iklan Outdoor Kelas Dunia. Yogyakarta: Andi.
M. Suyanto. 2004. Aplikasi Desain Grafis untuk Periklanan. Yogyakarta : Andi.
Jefkins, Frank. 1996. Periklanan Edisi ketiga. Jakarta: Erlangga.
Ike Janita Dewi, Ph.D. 2009. Creating & Sustaining Brand Equity. Yogyakarta: Amara Books.
Fandy Tjiptono. 1995. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi.
Djito Kasilo. 2008. Komunikasi Cinta. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.
Definisi dan Manfaat Outbound. http://widhoy.multiply.com/journal/item/15/. 18 Januari 2010. 14:37.
Dadi Adriana, Fandy Tjiptono, Gregorius Chandra. 2008. Pemasaran Strategik. Yogyakarta : Andi.
Adi Kusrianto. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi.
A. Hari Karyono. 1997. Kepariwisataan. Jakarta : Grasindo.
2008. Destination Branding. (Majalah BRANDNA Vol. 2, No 6, hal 17- 39).