Perancangan Promosi Body And Mind Gym Melalui Desain Komunikasi Visual

Skripsi / Tugas Akhir Desain Komunikasi Visual
Penulis: Peter Ardhianto
Jurusan Desain Komunikasi Visual Fakultas Sastra dan Seni Rupa
Universitas Sebelas Maret
Surakarta
2010

Abstraksi

Karya tugas akhir ini berjudul Perancangan Promosi Body And Mind Gym Melalui Desain Komunikasi Visual. Dalam tugas akhir ini permasalahan yang dikaji adalah bagaimana merancang strategi kreatif untuk lebih memperkenalkan Body and Mind Gym kepada masyarakat dengan memanfaatkan media komunikasi visual dan Bagaimana memilih media promosi yang tepat, efektif dan efisien untuk mempromosikan Body and Mind Gym.

Body and Mind Gym menyediakan banyak peralatan fitness yang dapat digunakan oleh para pengunjungnya. Selain fitness, gym yang mengembangkan pemasarannya di wilayah Surakarta dan sekitarnya ini juga melayani modern dance, senam aerobic, taekwondo, capoera, thai boxing, jui-jitsu, aikido, pilates, dan yoga. Body and Mind Gym Surakarta didirikan pada tahun 2007. Sebagai gym yang masih baru, Body and Mind Gym memiliki beberapa pesaing bisnis yang jika dilihat dari beberapa segi kompetitor tersebut lebih unggul promosinya dibandingkan dengan Body and Mind Gym. Oleh karena itu Body and Mind Gym harus memiliki strategi dan berusaha untuk memperkenalkan keberadaannya sebagai salah satu gym yang ada di kota Surakarta dan salah satu strategi yang penting adalah promosi. Salah satu bentuk promosi adalah dengan menggunakan media periklanan. Perancangan akan dilakukan melalui media cetak. Diharapkan dengan melakukan strategi yang terarah melalui penggunaan media komunikasi visual yang komunikatif dan efektif akan dapat mempermudah sekaligus mempercepat komunikasi dengan sasaran masyarakat Karisidenan Surakarta untuk memperkenalkan keberadaan serta keunggulan yang dimiliki Body and Mind Gym.


Daftar Pustaka

Websters Dictionary . 1974 . Greenwich : A Fawcett Crest Book
Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia , 1989, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Ketiga ) , Jakarta : Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional
Salah Wahab. Manajemen Kepariwisataan. Trans. Drs. Frans Gromang. Jakarta: PT. Pradnya Paramita, 1989. Trans of Tourism Management
Rhenald Kasali. 1995. Manajemen Periklanan. Jakarta. Hal 62
Longman, Dictionary of Contemporary English, British National Corpus
Kotler, Philip, 1994. Marketing management: Analysis. planning.implementation and control. (8th ed). New Jersey: Prentice Hall International. Inc
Website:
http://dakwah.uin-suka.ac.id/file_kuliah/media-periklanan.ppt. diakses tanggal 02 Juni 2010.
http://deskomers01.com/?cat=6 diakses tanggal 02 Juni 2010.
http://kmpk.ugm.ac.id/data/SPMKK/3d-KOMUNIKASI (revJan'03).doc. diakses tanggal 02 Juni 2010.